Pertanyaan dan Jawaban

April 19, 2017

Pertanyaan

Pertanyaan #1
Berapakah nilai bisnis dari sistem informasi spasial? Gunakan contoh perusahaan dalam hal ini untuk membantu jawaban Anda. 

Pertanyaan #2
Bagaimana lagi sistem informasi spasial dapat digunakan dalam bisnis? Berikan beberapa contoh untuk menggambarkan jawaban Anda. 

Pertanyaan #3
Kunjungi situs web Kinko. Seberapa membantu layanan pencari lokasi mereka? Apa lagi yang bisa Kinko lakukan untuk memperbaiki aplikasi pengelolaan informasi spasial ini? 


Jawaban  
Jawaban #1
menurut kami, sangat bernilai karena mempemudah mendapatkan informasi yang telah diolah dan disimpan sebagai atribut suatu lokasi atau objek, yang dimana data-data yang diolah dalam SIG pada dasarnya terdiri dari data spasial dan data atribut dalam bentuk digital. Dengan demikian, analisis yang dapat digunakan adalah analisis spasial dan analisis atribut.

Jawaban #2
menurut kami, sistem informasi spasial dapat digunakan  dalam bisnis salah satunya dikarenakan adanya SIG dan DSS yang menggunakan database deografis untuk membantu dan menampilkan peta dan tampilan grafis lainnya yang menggunakan teknologi SIG bersama dengan alat sistem penempatan global untuk membantu perusahaan dalam memilih lokasi bisnis, mengoptimalkan rute distribusi atau menganalisa demografi pasar sasaran.
contohnya : Perusahaan FedEx memanfaatkan teknologi SIG dalam membuat berbagai keputusan bisnis untuk menunjang proses pengiriman barang, diantaranya ; mebari lokasi atau alamat tujuan pengiriman barang, memantau proses pengiriman barang, dan memilih lokasi penurunan barang dan pusat distribusi, dan memperkirakan waktu tempuh pengiriman.
Penggunaan SIG juga memberikan keunggulan kompetitif bagi FedEx, diantaranya; perusahaan dapat mengetahui aktivitas pengiriman barang, pendayagunaan aset secara optimal dan hemat, menciptakan kepuasan pelanggan, mendapatkan posisi yang bersaing di pasar, dan dapat menberikan repon yang sigap.

Jawaban #3
menurut kami, sangat membantu. Karena dengan memberi layanan pencari lokasi mereka dengan mudah menemukan lokasi toko yang terdekat dengan mudah, akurat dan cepat.
Yang bisa Kinko lakukan untuk memperbaiki aplikasi pengelolaan informasi spasial dengan cara memaksimalkan layanan dan produktivitas perusahaan. Kemudian, bekerja sama atau berkolaborasi dengan mitra bisnis lain agar dapat menurunkan biaya sumber daya perusahaan dan juga dapat meningkatkan proses produksi. Lalu, berkerjasama dengan perusahan mapping atau menemu lokasi agar dapat meningkatkan kualitas penemu lokasi yang sudah dimiliki oleh Kinko, sehingga dapat bersaing dengan pasar global yang lebih unggul.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Erika Kurniyanti Putri - 0215101533

    Siapakah pesaing FedEx office yang paling berpengaruh atau paling berat bagi FedEx office? Bagaimana cara menyiasatinya?

    BalasHapus
  3. Mmmm bingung deh mau nanya apa

    BalasHapus

Kasus

CHAMPION PRINTING AND MAILING Pada mulanya, perusahaan ini bernama Jackson Printing and Mailing namun karena beberapa hal perus...

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe